Tidak Ingin Berat Badan Naik Pasca Lebaran? Beginilah Cara Mencegahnya!

Oleh SegiEmpat


Foto Hari Raya Idul Fitri Oleh Unik SegiEmpat Hari Raya Idul Fitri—atau yang juga dikenal dengan istilah Lebaran—merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim setelah menjalani ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Sebab pada hari itu, seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia berbondong-bondong untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah membawa mereka meraih jalan kemenangan dan kembali ke fitrah. Tak pelak, momen tersebut kerap mereka gunakan sebagai media untuk mempererat kembali tali silahturahmi antar kerabat, sahabat, hingga kawan-kawan yang sudah jarang sekali ditemui. Dan tak jarang, di sela-sela kunjungan tersebut, kita kerap disuguhkan berbagai hidangan khas Lebaran yang menggugah selera hingga pada akhirnya, kita kerap “kelepasan” untuk mengontrol pola makan lantaran begitu menikmati hidangan Lebaran yang disuguhkan? Lantas? Bagaimana agar berat badan kita tak bertambah pasca Lebaran?



Mulailah Mengontrol Asupan Makan


Foto Pola Makan Oleh Unik SegiEmpat


Mudah sekali. Cara terpraktis yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan berat badan kita pasca Lebaran adalah dengan mengontrol asupan makanan yang kita konsumsi. Biasakan untuk memenuhi gizi kita dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan memilih menu sarapan yang sehat. Mulailah untuk mengganti menu makan Anda yang tadinya nasi uduk dan lontong sayur menjadi menu-menu yang lebih sederhana.



Perhatikan pilihan makanan yang pas


Bingung dengan jenis makanan yang dapat Anda konsumsi saat pasca Lebaran? Mudah saja! Anda dapat memilih menu makanan seperti daging asap, roti gandum yang berisi telur, atau daun selada. Namun jika Anda terlalu sibuk hingga tak sempat menyiapkan sarapan, maka Anda bisa membawa oatmeal yang kini banyak dijual dalam kemasan. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun tak membuat tubuh Anda menjadi gemuk lantaran memiliki kandungan serat yang banyak. Kandungan seratnya yang banyak dapat membuat perut terasa kenyang jauh lebih lama sehingga dapat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Guna menambah cita rasa dalam oatmeal, maka Anda dapat mencampurkannya dengan potongan buah seperti anggur, strawberry, pisang, hingga kiwi ke dalam mangkuk oatmeal Anda. Anda pun juga dapat mempercantiknya dengan menambahkan es krim rendah lemak di atas potongan-potongan buah yang telah tertata rapi dalam mangkuk oatmeal Anda.


Foto Oatmeal Oleh Unik SegiEmpat


Tak hanya memilih menu sarapan sehat, Anda pun sebaiknya mulai mengurangi asupan makanan yang mengandung gula berlebih sebab makanan tersebut dapat membuat Anda cepat merasa mengantuk. Jika Anda termasuk orang yang gemar memakan donat, maka cobalah untuk menggantinya dengan sereal beras, susu, kismis, dan campuran kacang yang memiliki rasa tak kalah nikmat dengan donat. Jika Anda adalah orang yang menyukai makanan-makanan manis, maka cobalah untuk mengganti pemanis Anda menggunakan madu. Mudah bukan untuk mempertahankan berat badan agar tidak bertambah gemuk? Agar tidak kerepotan menyiapkan makanan, maka Anda dapat meluangkan waktu sebentar saat weekend untuk merencanakan menu makanan sehat Anda. Selamat mencoba!


Artikel Tidak Ingin Berat Badan Naik Pasca Lebaran? Beginilah Cara Mencegahnya! adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1o5xHxe

Belum ada Komentar untuk "Tidak Ingin Berat Badan Naik Pasca Lebaran? Beginilah Cara Mencegahnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel